Saturday, January 5, 2013

0 Ciri-ciri Pekerja Keras


Nahh, apakah kalian termasuk pelajar yang berjiwa pekerja keras? Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang suka bekerja keras, antara lain :
    1.       Mencintai Pekerjaan
Banyak siswa yang nilai ulangan atau nilai raporya rendah karena tidak bersungguh-sungguh dalam belajar. Sebagian diantara mereka karena tidak menyukai pelajaran tersebut. Disini menjadi ironis, bagaimana mungkin bisa mendapatkan hasil optimal jika rasa suka pada pelajaran tidak tertanam dalam diri siswa. Ada memang pelajaran tertentu yang dianggap sulit dan tidak disukai siswa. Disini
diperlukan perjuangan untuk menyukai atau mencintai pelajaran yang dianggap sulit itu. Resep sederhananya, jangan menghindari mata pelajaran tertentu yang dianggap sulit. Sebaliknya harus didekati, diusahakan untuk dipahami dengan cara banyak belajar, bertanya, dan berlatih. Jika hal ini dilakukan terus menerus, niscaya rasa cinta perlahan-lahan akan tumbuh bertunas.
2.       Bertindak efektif dan efesien
Kita harus dapat memanfaatkan waktu, tenaga, atau dana yang ada secara tepat. Sehingga tidak terjadi pemborosan. Misalna, memanfaatkan waktu luang denga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, membaca buku-buku diperpustakaan, atau mengikuti kursus-kursus di lempabaga pendidikan. Jadi, waktu yang ada tidak terbuang secara sia-sia. Jika ada uang saku lebih disisihkan untuk membeli buku, bukan malah dihambur-hamburkan untuk membeli barang-barang yang tidak perlu dibutuhkan.
3.       Ulet, Tekun, Rajin, dan Disiplin
Ulet berarti tetap terus berusaha dengan giat meskipun banyak hambatan. Hambatan yang ada hendaknya ianggap sebagai tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Tekun artinya bersungguh-sungguh memusatkan perhatian dan tenaga untuk melakukan pekerjaan yang dihadapi, sehingga pekerjaan itu dapat selesai tepat pada waktunya dengan hasil yang maksimal. Rajin artinya selalu giat bekerja, sehingga semua pekerjaan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik. Disiplin berarti selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
4.       Pantang Menyerah
Pantang menyerah artinya adalah tidak mudah menyerah dan putus asa menghadapi suatu pekerjaan, seberat apapun pekerjaan yang dilakukan. Putus asa adalah tindakan yang mengarah pada kegagalan. Jika segala daya upaya telah dikerahkan dan belum diperoleh keberhasilan, maka kegagalan menjadi “sukses yang tertunda”, namun menyerah sebelum berusaha maksimal berarti menyiapkan diri menuju kegagalan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, sebelum pekerjaan itu selesai dan memperoleh hasil yang memuaskan, jangan menyerah dan putus asa, tapi tetaplah berusaha.***


0 comments:

Post a Comment

 

Tips-Tips Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates