Sunday, December 23, 2012

25 CARA MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI

Sebenarnya kita semua tanpa terkecuali mempunyai banyak sekali yang bisa di kembangkan. Namun sedikit dari kita yang tau bagaimana cara untuk mengenal dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Berikut beberapa cara untuk mengenali potensi diri antara lain :

Pertama, KENALI DIRI SENDIRI
Buat daftar pertanyaan dan jawab dengan jujur. Misalnya : Apa yang membuat anda bahagia? Apa yang anda inginkan dalam hidup ini? Apa kelebihan dan kekuatan anda? Apa kelemahan dan kekurangan anda?

Kedua, TENTUKAN TUJUAN HIDUP
Tentukan tujuan hidup anda untuk jangka pendek maupun jangka panjang sesuai kemampuan dan kompetensi anda.


Ketiga, KENALI MOTIVASI HIDUP 
Setiap manusia mempunyai motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Apa yang bisa mencambuk anda untuk membangun kekuatan dan dukungan moril sehingga menghasilkan karya terbaik.

Keempat, HILANGKAN NEGATIF THINGKING
Jangan menyalahkan orang lain dalam menghadapi hambatan. Evaluasi langkah anda, kemudian melangkah lagi.

Kelima, JANGAN MENGADILI DIRI SENDIRI
Jika menghadapi hambatan dan kegagalan untuk mencapai tujuan jangan menyesal dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran yang berharga untuk maju.

Keenam, BERTANYA KEPADA ORANG YANG TERDEKAAT
Misalnya orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki karena itu diperlukan orang lain untuk menyadarkan kita.

Ketujuh, BANYAK MEMBACA, MELIHAT, dan MERASAKAN
Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi.

Cara Mengembangkan Potensi Diri
Setelah benar-benar memahami apa sebenarnya potensi diri yang anda miliki, maka langkah selanjutnya yang harus diketahui adalah bagaimana cara mengembangkan potensi diri anda sendiri.
Dalam hal cara mengembangkan potensi diri disini yang perlu ditekankan terdiri dari beberapa langkah penting. Diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Harus diawali dengan niat
2.      Harus berpikir positif dalam setiap hal
3.      Harus memiliki komitmen
4.      Jangan menganggap remeh orang lain
5.      Menerima saran, kritik dan masukan yang bersifat membangun dari orang lain
6.      Konsisten terhadap apa yag kita lakukan
7.      Yakinlah bahwa kita pasti bisa
Dari beberapa poin cara mengembangkan diri diatas yang paling utama sekali harus dilakukan adalah poin pertama, yaitu mengawali pengembangan potensi diri tersebut dengan niat yang tulus. Dengan adanya niatan tulus, maka akan tercipta pikiran positif yang akan membuat anda memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan dari potensi anda.
Sesuatu hal yang dilakukan tentu tidak akan berbuah hasil manis jika dilakukan tanpa adanya konsistensi, maka dalam hal ini yang paling utama yang harus anda ingat adalah konsisten. Bila anda mengerjakan sesuatu hanya dalam beberapa hari atau bulan saja, maka tentu hasil dari potensi diri yang anda kerjakan belum terlihat, maka cobalah untuk tetap konsisten, dan yakin dan percayalah bahwa apa yang anda cita-citakan akan segera terwujud.

25 comments:

  1. qt sama2 anak jepara broo.. sama2 newbie jugz.. berteman yuhh... mampir n coment jg di blog ane www.kisahebat.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. pengen banget mengembangkan potensi diri,,,masih ngga tahu diri sendiri nih --__--

    ReplyDelete
  3. mantep gan,,,, saya akan coba praktekan

    by http://distromurahku.com

    ReplyDelete
  4. hampir selalu bahwa kita dapat dengan mudah membaca, tapi hal yang terpenting malah tertunda, yaitu mempraktekan. terimakasih sudah berbagi mas... kalau ada waktu kunnjungi juga blog saya di http://motivasisuksesbisnis.blogspot.com, blog seputar motivasi bisnis dan pengembangan diri.

    ReplyDelete
  5. Thanks gan, akan saya coba nanti :)
    http://goo.gl/wz7Qha

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah...dapat pencerahan...makasih gan.

    ReplyDelete
  7. Mantap bro jadi sedikit tercerahkan
    Visit juga www.ihsandonesian.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Mantap bro.... thanks info ny...
    Bermanfaat banget..

    ReplyDelete
  9. Thank ka...
    Mdah"n sya bsa mmprakteknya

    ReplyDelete
  10. Thank ka...
    Mdah"n sya bsa mmprakteknya

    ReplyDelete
  11. yang pasti dalam menggali potensi diri itu butuh waktu. dan yang penting terus melangkah mengisi hidup ini dengan hal-hal yang bermanfaat.

    blogwalking cara praktis memakai jilbab gan :)

    ReplyDelete
  12. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Great, I like this blog.
    judi dewa poker terbaik indonesia

    ReplyDelete
  13. Mengembangkan potensi diri menjadi syarat mutlak bagi setiap individu untuk maju dan meraih apa yang diimpikannya. Tanpa pengembangan diri yang signifikan, seseorang hanya akan menjadi pemimpi yang tidak pernah mampu mewujudkannya.

    Kunjungi pula blog Kembangkan Diri Wujudkan Mimpi (KDWM) di: http://kembangkandiriwujudkanmimpi.blogspot.co.id/, untuk membantu anda mengembangkan diri dan mewujudkan apapun yang anda impikan.

    Salam Sukses

    ReplyDelete
  14. terimakasih.. membuat saya lebih percaya diri..

    My blog

    ReplyDelete
  15. Thx broo sharenya bermakna

    ReplyDelete
  16. Thx broo sharenya bermakna

    ReplyDelete
  17. bagaimana mengembangkan diri yang bodoh?

    ReplyDelete
  18. Buat visi dan misi jga dlm hidup, agar kita tau harus melangkah kemana, jangan seperti air yg hanya mengikuti arus. Kuncinya adalah fikiran anda.. lalu kerjakan apa yg anda fikirkan maka yg tadi hanya mimpi bisa kalian rasakan di dunia nyata.

    ReplyDelete
  19. Posting yang sangat bagus. Terima kasih sudah berbagi. Teruskan. Saya berharap dapat membaca lebih lanjut. Download ringtones for free at https://ring320kbps.com

    ReplyDelete

 

Tips-Tips Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates